Cara Sukses dengan Membuang Sifat Iri Hati

Cara Sukses dengan Membuang Sifat Iri HatiIri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan kesuksesan orang lain atau apa yang telah dimiliki oleh orang laindan cenderung berusaha untuk menyainginya. Rasa iri bisa menyerang siapa saja dan dimana saja saja, sebagai insan yang normal tentu kita pernah merasak yang namanya iri hati. Contohnya, didalam suatu organisasi ada yang iri hati karena ada yang lebih berpengaruh dibandingkan dengan dirinya. di tempat kerja ada yang iri hati pada rekan yang lebih berhasil dan menduduki jabatan yang lebih tinggi, di dalam keluarga ada yang iri hati dengan apa yang raih oleh kakak atau adiknya sendiri.

Orang yang iri hati akan berduka cita jika melihat seseorang meraih kesuksesan begitu juga sebaliknya dia akan bersuka cita ketika dia melihat kegagalan orang lain dalam meraih kesuksesan. Ia tidak suka jika ada orang lain yang lebih baik, lebih kaya atau lebih sukses dari pada dirinya. orang yang memiliki sifat iri hati memiliki kebiasaan buruk yakni suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, akibatnya ia sendiri akan menjadi sangat tertekan dan merasa gelisah.

Ada sebuah dongeng yang mungkin menginspirasi Anda agar membuang jauh-jauh sifat iri hati yang ada pada diri Anda. ada seekor rajawali yang terbang lebih tinggi dari seekor rajawali lainya , dan itu tidak menyenangkan hati si rajawali yang merasa dikalahkan tersebut. Rajawali yang merasa terkalahkan tersebut mendatangi seorang pemanah dan berkata ” Aku harap kau bisa menjatuhkan rajawali itu”. si pemanah itu setuju dengan syarat ia memiliki bulu yang bisa dikaitkan dengan anak panahnya. si Rajawali yang hatinya dipenuhi iri hati tersebut mencabut satu bulunya lalu diberikan kepada si pemanah. anak panah lalu dilepaskan dari busurnya namun karena rajawali yang menjadi sasaran terbang terlalu tinggi dan lincah menghindari setiap anak panah yang dilepaskan oleh orang tersebut, si rajawali yang iri hati itu meminta orang tersebut untuk melepaskan anak panahnya lagi dan pemanah tersebut meminta syarat yang sama seperti yang pertama, dan sialnya anak panah kedua juga meleset, kejadian ini berulang-ulang sampai bulu rajawali yang iri hati habis untuk diserahkan kepada pemanah tersebut. dan akhirnya, karena sudah tidak memiliki bulu rajawali tersebut tidak mampu untuk terbang dan dengan mudah nya pemanah tersebut menangkap rajwali yang iri hati tersebut.

kisah tersebut memberitahu kita bahwa iri hati hanya akan mendatangkan efek buruk bagi kita, tidak efek positif dari iri hati yang dapat kita ambil. selain merugikan diri sendiri tanpa kita sadari iri hati juga merugikan orang lain. iri hati adalah salah satu musuh atau penghambat Anda untuk menuju kesuksesan dalam bidang apapun yang Anda inginkan.
Iri hati seperti bisul kecil jika dibiarkan lama kelamaan akan membesar menjadi benjolan yang berbahaya dan dapat membunuh Anda secara perlahan. Sifat ini sangat berbahaya dan tentu saja orang yang memiliki sifat ini tidak disukai oleh semua orang. Ingat dan camkan bahwa dimanapun Anda berada Anda akan menemukan orang yang memiliki sesuatu yang lebih dari Anda entah itu harta benda, kesuksesan jabatan atau apapun itu.

Jangan memlihat orang-orang yang sukses dengan iri hati akan tetapi lihatlah dari sudut pandang yang berbeda yakni pelajari bagaimana cara mereka mendapatkanya, pelajari apa yang harus dilakukan, amati dan tiru dan sebisa mungkin lebih baik dari apa yang telah dicapai orang tersebut. dengan cara seperti ini semangat Anda akan terpompa dan tanpa Anda sadari Anda bisa dan mampu meraih kesuksesan seperti yang lainya tanpa harus memiliki sifat iri Hati.